Aplikasi Test Buta Warna

     Apakah anda mengetahui apa yang di sebut dengan buta warna? Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui apa itu Buta Warna, untuk yang belum mengetahui apa itu Buta Warna, akan sedikit saya beri penjelasan kepada anda apa itu Buta Warna.
     Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.
Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan terdapat istilah 'pembawa sifat', hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. Perempuan dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelainan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya, tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tersebut menderita buta warna.
Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.
     Sekarang anda telah mengetahui apa itu Buta Warna, Tapi apakah anda sudah tau bahwa anda Buta Warna atau tidak? , Untuk mengetahu hal tersebut anda perlu membuktikan nya. Disini saya akan membantu ada untuk membuktikan kalau anda itu Buta Warna atau tidak, anda dapat membuktukan dengan Aplikasi Test Buta warna. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman java, Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk membantu seseorang mengetahu apakan dirinya Buta Warna atau tidak. Berikut akan saya jelaskan cara kerja aplikasi ini.


1. Tampilan Awal Aplikasi
         Pada frame ini terdapat button definisi buta warna dan mulai test, untuk memulai test anda harus klik button mulai test.


2. Tampilan Test Buta Warna
         Pada Frame ini anda akan dihadapkan dengan test - test butawarna, ikuti instruksi yang ada, dan klik button  test selanjutnya untuk melanjut ke test selanjutnya


3. Tampilan Hasil Test
        Pada Frame ini akan menampilkan hasil test yang sudah anda lakukan, disini anda dapat mengetahui apakah anda buta warna atau tidak.



        Aplikasi ini bisa di dapatkan secara gratis, dengan catatan tidak mengubah isi program / menyalah gunakan program ini. Untuk mendapatkan program ini caranya sangat mudah,  berikut saya jelaskan cara download dan instal aplikasi ini.

1.  Klik Tombol download 

2.  setelah klik tombol download tersebut  anda akan di arahkan ke sebuah halaman website, di halaman            website tersebut ada harus mencari tombol download berawrna biru


3. setelah klik tombol seperti gambar diatas, tunggu beberapa saat hingga prosses download selesai.

4. setelah proses download selesai, cari file yang baru saja anda download, file itu memiliki nama yang tidak       teratur / tidak jelas, hal itu dikarenakan nama di randomize oleh pihak indowebster nya, tapi anda tidak         perlu khawatir, nama yang tidak jelas tersebut tidak akan berpengaruh pada jalan nya program nantinya.

5. setelah anda menemukan file yang baru saja anda download, klik 2 kali file tersebut untuk menginstal nya,     cara instal nya sangat mudah, anda hanya perlu klik next next saja sampai finish, dengan sendiri nya               program akan terinstal di komputer anda, saya sarankan anda jangan mengubah direktori / tempat                 menginstal aplikasi dari yang sudah disarankan, karena akan berakibat file suara tidak keluar nantinya.

6. setelah anda selesai menginstal aplikasi tersebut, anda tinggal mencari icon Test Buta Warna yang terdapat     pada dekstop komputer anda, klik 2 kali icon tersebut dan aplikasi pun akan berjalan.

         jika anda mengikuti point - point yang saya jelaskan di atas seharusnya aplikasi ini sudah bisa berjalan dengan baik, akan tetapi  jika terdapat masalah ataupun anda memiliki pertanyaan mengenai aplikasi ini bisa meninggalkan comment pada postingan ini , dan bisa juga mengirimkan email kepada saya. Sekian penjelasan saya mengenai Aplikasi Test Buta Warna ini, semoga aplikasi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.



2 komentar to "Aplikasi Test Buta Warna"

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok. Jurusan Sistem Informasi. Kelas 4KA17. NPM : 11111814

Total Tayangan Halaman

Web hosting for webmasters