Aplikasi Belajar Berhitung

           Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan aplikasi belajar berhitung, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemgograman java, dan dengan menggunakan Netbeans, program ini bertujuan untuk membantu anak - anak usia 3 - 7 tahun untuk mengenal angka dan belajar dasar - dasar dalam berhitung, program ini juga dapat digunakan sebagai alat bantu tengaga pengajar / orang tua untuk media pengenalan angka dan pembelajaran berhitung kepada anak - anak yang berusia 3 - 7 tahun, namun tidak menutup kemungkinan aplikasi ini digunakan untuk orang di luar usia tersebut, dan digunakan untuk keperluan lain nya.  di dalam aplikasi ini terdapat beberapa frame , berikut akan di jelaskan frame satu demi satu


1. tampilan menu awal
       pada frame ini terdapat beberapa button yang berfungsi sebagai informasi mengenai aplikasi ini,dan ada juga button mulai yang berfungsi untuk memulai aplikasi



2. Tampilan Menu
          Pada frame ini ada terdapat beberapa pilihan yaitu : pengenalan angka, cara berhitung , dan latihan berhitung.


3. Tampilan Pengenalan Angka
          Ini merupakan tampilan dari Frame pengenalan angka, pada frame ini apabila salah satu tombol di klik maka akan berbunyi suara dari angka yang terdapat dari tombol tersebut.


4. Tampilan Cara Berhitung
        Pada frame ini terdapat soal - soal pertambahan dan pengurangan yang di sertai dengan simbol dari nominal angka tersebut, apabila tombol jawaban di klik maka akan keluar jawaban dari soal yang ada.



5. Tampilan Latihan Berhitung
         Pada frame ini tampilan hampir sama dengan frame Cara Berhitung, bedanya hanya pada frame ini pengguna di harus kan mengisi sendiri jawaban dari soal yang ada, dan akan di konfirmasi apakah jawaban dari penguna tersebut salah / benar.


      Aplikasi ini bisa di dapatkan secara gratis, dengan catatan tidak mengubah isi program / menyalah gunakan program ini. Untuk mendapatkan program ini caranya sangat mudah,  berikut saya jelaskan cara download dan instal aplikasi ini.

1.  Klik Tombol download 

2.  setelah klik tombol download tersebut  anda akan di arahkan ke sebuah halaman website, di halaman            website tersebut ada harus mencari tombol download berawrna biru
3. setelah klik tombol seperti gambar diatas, tunggu beberapa saat hingga prosses download selesai.

4. setelah proses download selesai, cari file yang baru saja anda download, file itu memiliki nama yang tidak       teratur / tidak jelas, hal itu dikarenakan nama di randomize oleh pihak indowebster nya, tapi anda tidak         perlu khawatir, nama yang tidak jelas tersebut tidak akan berpengaruh pada jalan nya program nantinya.

5. setelah anda menemukan file yang baru saja anda download, klik 2 kali file tersebut untuk menginstal nya,     cara instal nya sangat mudah, anda hanya perlu klik next next saja sampai finish, dengan sendiri nya               program akan terinstal di komputer anda, saya sarankan anda jangan mengubah direktori / tempat                 menginstal aplikasi dari yang sudah disarankan, karena akan berakibat file suara tidak keluar nantinya.

6. setelah anda selesai menginstal aplikasi tersebut, anda tinggal mencari icon Belajar Berhitung yang terdapat     pada dekstop komputer anda, klik 2 kali icon tersebut dan aplikasi pun akan berjalan.

         jika anda mengikuti point - point yang saya jelaskan di atas seharusnya aplikasi ini sudah bisa berjalan dengan baik, akan tetapi  jika terdapat masalah ataupun anda memiliki pertanyaan mengenai aplikasi ini bisa meninggalkan comment pada postingan ini , dan bisa juga mengirimkan email kepada saya. Sekian penjelasan saya mengenai aplikasi Belajar Berhitung ini, semoga aplikasi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.



0 komentar to "Aplikasi Belajar Berhitung"

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok. Jurusan Sistem Informasi. Kelas 4KA17. NPM : 11111814

Total Tayangan Halaman

Web hosting for webmasters