Resume Tujuan Pokok Ekonomi



         Ilmu ekonomi tentunya berkaitan erat dengan kelangsungan hidup masyarakat indonesia maupun masyarakat seluruh dunia.di dalam ilmu ekonomi ini juga memiliki tujuan pokok, tujuan pokok yang di maksud disini adah sebuah target yang ingin di capai dengan cara ekonomi. Menurut apa yang saya degar dari penjelasan bpk dodi arif, ada beberapa Tujuan pokok ekonomi  yang dapat di bagi menjadi beberapa bagian. Tujuan ekonomi yang dimaksud dimaksud adalah :

1.    Masalah Stabilitas
Masalah yang pertama adalah Stabilitas, apabila kita artikan stabilitas artinya adalah seimbang dalam masalah ekonomi kestabilan yang dimaksud adalah dimana kondisi adanya keseimbangan dalam pemasokkan barang dengan kebutuhan masyarakat.Contoh barang yang seharunya stabil di pasaran  adalah sembako, karena sembako sangat di perlukan oleh masyarakat untuk melangsungkan kehidupan, apa bila sembako di pasaran tidak stabil dapat menimbulkan masalah masalah ekonomi yang lain nya, oleh sebab itu tujuan pokok ekonomi yang pertama ialah menjaga stabilitas.

2.    Masalah Pertumbuhan Ekonomi
Masalah yang selanjutnya adalah pertumbuhan ekonomi, di dalam dunia ekonomi masalah pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu masalah yang serius karena dapat menimbulkan masalah yang berkepanjangan.Dalam ekonomi  ada yang di sebut  Zero recruit adalah menempatkan orang yang ingin berkerja ditempat pekerjaan lama yang ditinggalkan dengan cara pensiun,sakit dan meninggal sehingga tidak ada kekosongan posisi dalam suatu tempat usaha. Oleh sebab itu masalah pertumbuhan ekonomi  menjadi bagian dari tujuan pokok ekonomi karena demi menjaga pertumbuhan ekonomi yang baik.

3.    Masalah Pemerataan Kesejahteraan Ekonomi
Satu lagu yang menjadi tujuan pokok ekonomi adalah masalah pemerataan kesejahteraan ekonomi. Karena masalah ini yang paling banyak terjadi di Indonesia.Pada kenyataannya hal ini terjadi di pulau Jawa,pemerintah lebih fokus dalam pemusatkan pembangunan di pulau Jawa daripada di daerah lainnya.Hal ini yang mengakibatkan tidak meratanya kesejahteraan ekonomi masyarakat.Sehingga meskipun pertumbuhan ekonomi di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun,itu hanyalah sekedar angka dari rata-rata pendapatan perkapita masyarakat Indonesia.Yang artinya pendapatan masyarakat miskin menjadi tidak berarti karena terlampau jauh dengan orang-orang kaya di Indonesia.oleh sebab itu masalah pemerataan kesejahteraan ekonomi ini menjadi bagian dari tujuan pokok ekonomi.


·         Harga
Di dalam ekonomi harga merupakan faktor kunci dalam pengambilan keputusan kita dalam menentukan suatu barang yang akan kita beli.Contoh nyatanya adalah jika kita ingin membeli sesuatu barang,yang pertama kali kita lihat adalah harganya dulu,jika harganya memungkinkan untuk kita beli maka akan kita ambil,jika harganya tidak sesuai dengan kemampuan kita maka kita tidak akan membelinya meskipun barang itu sangat kita inginkan.Yang menentukan harga adalah pasar.
·         Hukum Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang yang diminta pada jumlah tertentu.Hukum permintaan berbunyi “ Pada saat harga mahal orang akan mengurangi konsumsi dan pada saat harga murah akan menambahkan konsumsi “

Dibawah ini adalah contoh tabel penerimaan dan penawaran.Bila orang menawarkan harga mahal maka permintaan akan 0 dan jika penawaran harga murah atau free maka permintaan akan meningkat seiringan dengan turunnya harga,singkatnya permintaan berbanding terbalik dengan harga. Sedangkan penawaran, jika harganya murah makan harga yang ditawarkan tidak ada dan jika ditawarkan harga mahal maka banyak peminatnya yang artinya penawaran berbandinga lurus dengan harga.




Dibawah ini ada kurva kesimbangan pasar yang merupakan gabungan dari kurva penerimaan dan penawaran.
 Ini adalah Kurva Keseimbangan Pasar. Dan kita menemukan titik untuk Kesimbangan Pasar yaitu pada P = 50 dan Q = 5. Ini merupakan titik temu antara Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran.

Hubungan Produksi dan Konsumen
Produksi dan Konsumen sudah tentu harus saling berhubungan. Semua konsumen adalah pembeli barang yang akan diproduksi.
Hubungan antara produksi dan konsumen akan seperti ini :
Konsumen = C
Produsen = Y ( Pendapatan Nasional )
Maka Y = C
Pendapatan Nasional = Konsumen Nasional


0 komentar to "Resume Tujuan Pokok Ekonomi"

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok. Jurusan Sistem Informasi. Kelas 4KA17. NPM : 11111814

Total Tayangan Halaman

Web hosting for webmasters