RESUME MASALAH EKONOMI


Masalah ekonomi timbul sebagai akibat dari ketidakseimbangandi antara keinginan manusia untuk mendapat barang dan jasa dengan kemampuan faktor- faktor produksi menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi keinginan tersebut.Dalam kehidupan manusia masalah ekonomi itu  sering terjadi disekitar kita dan pasti pernah dialami oleh semua manusia di muka bumi ini. Contohnya, masalah ekonomi yang biasa terjadi seperti “bagaimana cara orang memenuhi kebutuhan kehidupannya”
 Masalah ekonomi itu termasuk masalah global karna seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa masalah ekonomi pasti pernah hinggap di diri setiap individu tanpa terkecuali. Jadi, masalah ekonomi ini adalah masalah yang sangat penting dan harus dicari solusinya secara bersama-sama, bukan hanya mengandalkan para ahli ekonomi saja untuk mencari jalan keluarnya.
 Seperti yang kita ketahui masalah ekonomi adalah masalah yang berkenaan dengan ekonomi itu sendiri. Sedangkan masalah perekonomian adalah maslah yang lekat kaitannya dengan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mulai dari aktivitas jual beli, tawar menawar atau export import.
Masalah ekonomi harus memiliki keputusan yang tepat, apabila keputusan yang diambil tidak tepat untuk pemecahan masalah ekonomi, bukannya menyelesaikan masalah ekonomi justru yang terjadi adalah menambah masalah ekonomi, bahkan besar kemungkinan berdampak negatif.
Ada beberapa masalah pokok dalam kehidupan ini, yaitu sebagai berikut :

1. Masalah Kemiskinan

Hal-hal yang menyebabkan masalah kemiskinan antara lain:
·         SDM yang rendah
·         Mutu pendidikan yang rendah
·         Sempitnya lapangan pekerjaan
·         Pendapatan rendah
·         Biaya hidup yang tinggi
Bahkan untuk ukuran negara seperti Inggris sekalipun pernah mengalami masalah kemiskinan. Dimana hampir seluruh penduduknya tidak memiliki pekerjaan, namun negara tersebut memilih jalan pemecahan masalah ekonomi yang tidak tepat, yakni memaksa anak-anak dan remaja dibawah umur pada masa itu untuk bekerja dengan upah minimum, dengan kata lain mengeksploitasi sumber tenaga kerja dibawah umur. Tentu saja hal ini mendapat pertentangan keras dari negara-negara lain.
Berbeda dengan kasus kemiskinan di Indonesia sendiri. Saat pergantian pemimpin negara pada masa orde baru, perekonomian negara Indonesia sangat lemah.

2. Masalah Kependudukan

Masalah ini sudah sangat umum dipelajari bahkan ketika di sekolah dasar, bahwa penduduk Indonesia merupakan bagian dari 5 besar penduduk terpadat di dunia. Karena jika jumlah penduduk banyak tetapi kualitas SDM kurang makan akan memicu peningkatan angkat kemiskinan, ditambah di Indonesia lapangan pekerjaan juga sulit.
Berikut ini merupakan beberapa solusi dari masalah kepadatan penduduk:

·         Menunda pernikahan
Disini artinya menikah di usia yang tepat atau sudah waktunya, jangan melakukan pernikahan dini karena pengalaman dan kemampuan kita sangat dibutuhkan dan dituntut dalam pernikahan membina keluarga nanti.
·         KB
KB atau Keluarga Berencana adalah salah satu program pemerintah untuk menghambat pertumbuhan penduduk, tapi kurang begitu berhasil karena kurangnya kesadaran masyarakat. Menurut saya sebenernya tidak masalah jika anak banyak, asalkan kualitas SDMnya bagus supaya minimal bisa menunjang dirinya sendiri.
·         Pemerataan penduduk di tiap wilayah
Untuk solusi ini menurut saya kurang begitu efektif karena jika sudah melakukan pemerataan tetapi fasilitas untuk daerah kurang maka semuanya akan sia-sia. Menurut saya solusinya harus di imbangi dengan fasilitas yang menunjang untuk setiap daerah.

3. Masalah Pengangguran

Negara Indonesia melahirkan setidaknya 12 juta pengangguran di setiap tahunnya.
Perbandingan penduduk yang memiliki pekerjaan dan penduduk yang menganggur adalah 1 : 6. Hal ini berarti per satu orang penduduk yang bekerja harus menanggung biaya hidup 6 orang lainnya yang tidak memiliki penghasilan. Berat sekali kan beban orang Indonesia.
Menurut saya solusi yang diberikan pemerintah dengan bantuan raskin dan sebagainya itu tidak akan efektif, karena setelah bantuan itu habis maka apa yang akan mereka lakukan. Jadi solusinya yang terpikir oleh saya masyarakat Indonesia itu harus diberi pendidikan dan pengetahuan karena saat mereka mempunyai pengetahuan yang cukup maka mereka akan bisa mengurus dirinya sendiri.


0 komentar to "RESUME MASALAH EKONOMI"

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok. Jurusan Sistem Informasi. Kelas 4KA17. NPM : 11111814

Total Tayangan Halaman

Web hosting for webmasters