MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA DENGAN BAHASA JAVA

    Banyak orang yang menganggap membuat program menggunakan bahasa java itu sulit, pada kenyataan nya membuat program yang sangat sederhana menggunakan bahasa java tidak lah sulit aslakan kita memiliki kemauan yang besar untuk belajar. orang - orang yang mengatakan membuat program dengan bahasa java sulit itu adalah orang - orang yang belum memiliki kemauan besar untuk belajar. Dengan anda membaca tulisan saya ini tentunya anda adalah termaksud orang yang memiliki kemauan besar utuk belajar.

    
    Untuk membuat Program sederhana menggunakan bahasa java, tentunya terlebih dahulu kita harus mengenal sedikit tentang bahasa pemograman java, disini saya akan sedikit memberi penjelasan tentang bahasa pemograman java kepada anda, yang saya kutip dari blog lain.

   Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik.

Kelebihan dan kekurangan Java
Kelebihan Java
 Yang pertama tentu saja multiplatform. Java dapat dijalankan dalam beberapa platform komputer dan sistem operasi yang berbeda. Hal ini sesuai dengan slogannya yangs udah dibahas sebelumnya. Yang kedua adalah OOP atau Object Oriented Programming. Java memiliki library yang lengkap. Library disini adalah sebuah kumpulan dari program yang disertakan dalam Java. Hal ini akan memudahkan pemrograman menjadi lebih mudah. Kelengkapan library semakin beragam jika ditambah dengan karya komunitas Java. Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangan yang dimiliki oleh Java adalah pada satu slogannya, takni “Tulis sekali dan jalankan dimana saja” ternyata tidak sepenuhnya benar. Beberapa hal harus disesuaikan jika dijalankan pada platform yang berbeda. Misalnya untuk J2SE dengan platform SWT-AWT bridge tidak dapat berfungsi di Mac OS X. Kekurangan lainnya adalah kemudahan aplikasi Java didekompilasi. Dekompilasi adalah suatu proses membalikkan sebuah aplikasi menjadi kode sumbernya. Hal ini memungkinkan terjadi pada Java karena berupa bytecode yang menyimpan bahasa tingkat tinggi. Hal ini terjadi pula pada platform .NET dari Microsoft sehingga program yang dihasilkan mudah dibajak kodenya karena sulit untuk disembunyikan.
Kekurangan Java 
Yang lain adalah penggunaan memori yang cukup banyak, lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi sebelum generasi Java. Namun hal ini memang sesuai dengan fitur beragam yang dimiliki oleh Java. Masalah memori ini juga tidak dialami oleh semua pengguna aplikasi Java. Mereka yang sudah menggunakan perangkat keras dengan teknologi terbaru tidak merasakan kelambatan dan konsumsi memori Java yang tinggi. Lain halnya dengan mereka yang menggunakan teknologi lama atau komputer yang sudah berumur tua lebih dari empat tahun akan merasakan adanya kelambatan. Namun apapun kelemahan yang dimiliki Java, faktanya adalah Java merupakan bahasa pemrograman yang populer dan digunakan di seluruh dunia saat ini.  SUMBER
   Setelah anda mengenal sedikit tentang bahasa pemograman bahasa java , sekarang saatnya kita memulai membuat program sederhana menggunakan bahasa java. untuk membuat program dengan menggunakan bahasa java, kita harus terlebih dahulu menginstal JDK (java development kit) , JRE (java runtime environment), dan Netbeans. aplikasi aplikasi tersebut bisa anda dapatkan secara gratis di internet. baiklah langsung saja kita membuat program sederhana dengan menggunakan bahasa pemograman java. kali ini kita akan membuat program "HELLO WORLD". program tersbut nanti nya akan menghasilkan tulisan "HELLO WORLD" ketika program di jalankan. untuk membuat program "HELLO WORLD" ikuti langkah langkah di bawah ini.
1. Buka Program Netbeans yang tadi sudah anda download dan instal pada komputer anda.

2. Setelah Aplikasi Netbeans terbuka, selanjutnya anada harus membuat project baru dengan cara klik tombol FILE -> NEW PROJECT.


3. Setelah terbuka kotak dialog new project, anda harus memilih java pada kolom categories, dan memilih java application pada kolom project


4. Selanjutna anda memberikan nama pada project yang akan anda buat, pada tahap ini anda bebas memberikan nama pada project anda. setelah selesai memberikan nama anda klik FINISH.


5. Project baru anda telah berhasil dibuat, sekarang anda sudah bisa menuliskan kode pemograman bahasa java di dalam project yang baru saja anda buat. untuk  membuat program "HELLO WORLD" caranya sangatlah mudah, anda hanya tinggal menuliskan  System.out.print("HELLO WORLD"); di bawah tulisan "public static void main(String[] args) {"


6. setelah anda selesai menuliskan program seperti pada langkah 5, saatnya anda menjalankan program yang telah anad buat tadi, dengan cara mengklik tombol segitiga berwarna hijau  atau bisa juga dengan menekan tombol F6 pada keyboar anda



  Sekarang anda sudah bisa membuat program sederhana menggunakan bahasa java, dan sekarang saat nya anda menerapkan algoritma algoritma yang ada didalam pikiran anda ke dalam bahasa java dan menciptakan program yang lebih baik dan bermanfaat lagi. selamat mencoba





0 komentar to "MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA DENGAN BAHASA JAVA"

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok. Jurusan Sistem Informasi. Kelas 4KA17. NPM : 11111814

Total Tayangan Halaman

Web hosting for webmasters