(REVISI) Macam Bentuk Organisasi Pada Organisasi HKBP


LATAR BELAKANG
Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai ilmu, dan salah satunya dalam ilmu Manajemen.
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.Dewasa ini muncul berbagai organisasi-organisasi yang berbeda-beda.
Organisasi ini dapat digolongkan berdasarkan tujuannya didirikan organisasi itu. Juga dengan pesatnya ilmu saat ini struktur dan tipe nya pun berbeda-beda.Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.
Oleh karena itu dengan tulisan ini saya ingin menjabarkan beberapa sturktur ,tipe dan tujuan organisasi gereja HKBP secara garis besar

MASALAH
Pada zaman sekarang ini banyak orang – orang yang masih belum memahami tentang organisasi HKBP.  padahal organisasi HKBP merupakan organisasi terbesar kedua di Indonesia setelah MUI. Seringkali orang yang bukan beragama Kristen atau orang yang bukan ber suku batak kurang mau tahu dan mengerti tentang organisasi HKBP yang merupakan  organisasi gereja agi umat beragama Kristen di seluruh dunia. Padahal dengan mengetahui struktur organisasi HKBP mungkin akan menanmbah pengetahuan orang – orang banyak tentang berbagai jenis struktur organisasi yang tentunya akan sangat berguna bagi orang tersebut apa bila orang tersebut ingin terjun langsung atau ikut serta dalam berbagai jenis organisasi yang ada.
Mungkin orang – orang yang belum mengerti tentang struktur organisasi gereja HKBP itu di sebabkan kurang nya rasa kepedulian kepada orang – orang yang memiliki suku dan agama berbeda dengan mereka, oleh karena itu mereka kurang ingin mengetahui tentang struktur organisasi gereja HKBP.




LANDASAN TEORI

Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama    mencapai tujuan tertentu. 
Pada makalah ini saya akan menjelaskan macam bentuk organisasi, pada kasus ini saya mengambil contoh organisasi HKBP. Yaitu sebuah organisasi yang berlandaskan kesamaan agama yaitu agama Kristen dan bersuku batak. Pada pembahasan nanti saya akan menjelaskan sturktur kepemimpinan mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah pada organisasi HKBP.

PEMBAHASAN
Mungkin salah satu cara agar banyak orang dapat mengerti tentang struktur organisasi gereja HKBP adalah dengan membuat tulisan tentang struktur organisasi KHBP, dengan demikian orang – orang dapat dengan mudah membaca tulisan yang saya buat ini dan dapat memahami struktur organisasi gereja HKBP.
HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) adalah salah satu gereja yang di akui di indonesia, HKBP tersebar sangat luas dimana – mana, bahkan sampai ke luar negri seperti di Singapore, Amerika, dan lain-lain. Gereja HKBP ini di peruntukkan bagi orang – orang beragama kristen yang bersuku batak, namun tidak melarang orang yang di luar suku batak untuk ikut gereja di dalam gereja ini. Sistem organisasi gereja HKBP ini sangatlah luas, seluruh HKBP yang ada di muka bumi ini di pimpin oleh satu orang  yang disebut EPHORUS, ephorus di dapat dengan melakukan pemilihan seperti pemilu presiden, namun tentunya tidak setiap orang bisa menjadi ephorus, diperlukan syarat dan kriteria tertentu untuk bisa menjadi ephorus karena tugas ephorus tidaklah mudah. Ephorus harus memimpin semua gereja HKBP yang ada, dan masih banyak lagi tugas ephorus yang mungkin saya tidak ketahui, pastinya bukanlah tugas yang mudah utuk memimpin semua gereja hkbp yang ada di muka bumi ini.Jika semua gereja HKBP yang ada di pimpin oleh satu orang yang di sebut ephorus, cakpuan yang lebih kecil yaitu satu buah gereja di pimpin yang disebut dengan Pendeta. Pendeta adalah orang yang lebih mengerti agama dibandingkan dengan orang biasa, bila di agama Islam disebut dengan Uztad.Untuk menjadi pendeta bukan lah hal yang mudah, tidak setiap orang mau memilih jalan hidup sebagai pendeta melainkan orang yang terpilih lah yang mau menjadi pendeta. Jika ingin menjadi pendeta juga di perlukan pendidikan pendeta yang didirikan oleh organisasi HKBP, apabila sudah mengikuti pendidikan tersebut dan sudah di lantik oleh ephorus maka baru lah bisa menjadi pendeta HKBP.  Setiap satu Gereja HKBP di pimpin oleh satu pendeta. Di dalam gereja pendeta merupakan Takhta tertinggi, pendeta lah yang akan memimpin semua kegiatan yang berlangsung di gereja HKBP, tentunya kegiatan yang berhubungan dengan agama. Dibawah jabatan pendeta ada yang di sebut dengan Sintua, Tugas sintua adalah membantu pendeta dalam melakukan semua kegiatan yang ada di gereja. Sintua tidak hanya satu orang, melainkan satu atau dua orang dari setiap wilayah yang di cakup gereja tersebut, gunanya di buat seperti itu adalah untuk mempermudah gereja menangani semua jemaat gereja yang ada. Jadi di setiap gereja bisa memiliki sintua sepuluh sampai lima belas orang, Sintua tidak lah di pilih oleh pendeta, melainkan hanya kesadaran sendiri bagi setiap jemaat yang siap dan mampu menjalani tugas sintua lah yang akan menjadi sintua.
Di dalam gereja HKBP ada juga yang di sebut dengan JEMAAT, jemaat adalah semua orang yang datang ke gereka HKBP untuk bergereja atau melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan agama.  Jemaat dapat di kategorikan menjadi berberapa bagian, yaitu :
·         Jemaat biasa / umum yaitu semua orang yang bergereja di gereja HKBP bisa di sebut sebagai jemaat tanpa melihat umur atau jenis kelamin atau suku. Jemaat biasanya hanya datang untuk mengikuti kebaktian minggu, kebaktian minggu adalah ibadah rutin setiap minggu nya yang bisa di ikuti oleh siapapun, ibada tersebut akan di pimpin oleh Pendeta dengan di bantu oleh para sintua. Kategori jemaat yang selanjutnya adalah

·         PUNGUAN AMA, organisasi punguan ama ini di ikuti oleh para bapak – bapak (jemaat gereja HKBP). Organisasi ini memiliki struktur kepemimpinan, yaitu ketua, wakil ketua dan lain – lain. Tidak semua bapak – bapak mau mengikuti punguan ama ini, hanya orang – orang yang mau lebih dekat dengan Tuhan yang mau bersedia memberikan waktu mereka untuk mengikuti organisasi punguan ama ini. Organisasi punguan ama ini berkumpul setiap seminggu sekali untuk berlatih KOOR (paduan suara) yang akan mereka bawakan pada setiap minggunya di ibadah minggu. Masih banyak kegiatan – kegiatan lain yang di lakukan oleh organisasi Punguan ama, tentunya saya kurang mengetahui kegiatan – kegiatan apa saja yang di lakukan oleh organisasi punguan ama ini karena saya tidak ada di dalam organisasi ini. Kategori jemaat yang selanjutnya adalah

·         PUNGUAN INA, organisasi punguan ina ini beranggotakan oleh para ibu – ibu (jemaat gereja HKBP) Organisasi ini memiliki struktur kepemimpinan, yaitu ketua, wakil ketua dan lain – lain. Tidak semua ibu - ibu mau mengikuti punguan ama ini, hanya orang – orang yang mau lebih dekat dengan Tuhan yang mau bersedia memberikan waktu mereka untuk mengikuti organisasi punguan ama ini. Organisasi punguan ina ini berkumpul setiap seminggu sekali untuk berlatih KOOR (paduan suara) yang akan mereka bawakan pada setiap minggunya di ibadah minggu. Masih banyak kegiatan – kegiatan lain yang di lakukan oleh organisasi Punguan ina, tentunya saya kurang mengetahui kegiatan – kegiatan apa saja yang di lakukan oleh organisasi punguan ama ini karena saya tidak ada di dalam organisasi ini. Kategori jemaat yang selanjutnya adalah


·         NAPOSO, Naposo adalah sebuah perkumpulan bagi orang – orang dewasa berumur 22 tahun keatas yang belum menikah, diluar itu tidak bisa bergabung menjadi anggota naposo. Naposo disini merupakan sebuah sistem organisasi di dalam gereja, karena di dalam naposo juga memiliki struktur kepemimpinan diantaranya ketua, wakil ketua, dan lain- lain. Ketua naposo di dapat dari melakukan pemlihan dari anggota naposo, tugas ketua naposo disini adalah sebagai pemimpin organisasi naposo. Naposo rutin berkumpul setiap minggu nya, yaitu pada sabtu malam, tujuan mereka berkumpul adalah untuk latihan Koor (paduan suara)  yang akan mereka bawakan setiap minggu pada ibadah minggu. Tidak semua orang dewasa yang belum menikah mau menjadi anggota naposo, hanya orang – orang yang rajin beribadah dan mau mendekatkan diri kepada Tuhan lah yang mau menjadi anggota naposo. Tugas naposo tidak hanya melakukan koor pada setiap ibadah minggu, banyak kegiatan- kegiatan lain nya yang mereka lakukan bahkan sampai kegiatan yang tidak ada hubungan nya dengan gereja, tapi semua itu mereka lakukan dengan tujuan untuk melakukan pergaulan yang baik. Oleh sebab itu banyak orang tua (jemaat gereja hkbp) yang menginginkan anak mereka menjadi anggota naposo karena pergaulan di dalam anggota naposo itu sangat baik. Kategori jemaat selanjutnya adalah

·         REMAJA, orang – orang yang masuk menjadi anggota remaja adalah orang – orang yang berumur 16 – 21 tahun, sudah menjalani SIDI, dan tentunya belum menikah. Mungkin anda masih banyak yang belum mengetahu apa itu SIDI, disni saya akan menjelaskan sedikit tentang sidi. SIDI adalah sebuah proses peneguhan iman bagia setiap jemaat remaja HKBP, SIDI adalah semcam sebuah pembelajaran lebih dalam mengenai agama dan gereja, para remaja HKBP mendapat pengajaran selama setahun sampai pada akhirnya iman mereka di teguhkan sebagai orang kristen. Mereka mendapat pembelajaran sidi dari pendeta dan dibantu oleh para sintua. Setelah remaja hkbp tersebut telah menjalani SIDI atau peneguhan iman , barulah mereka bisa bergabung dengan organisasi remaja. Didalam organisasi remaja tidak jauh berbeda dengan organisasi naposo, di dalam organisasi remaja juga terdapat ketua dan wakil. Organisasi remaja juga setiap minggunya berkumpul untuk melakukan KOOR (paduan suara) untuk menampilkan nya di keesokan harinya pada ibadah minggu. Kegiatan – kegiatan yang di lakukan organisasi remaja tidak jauh berbeda dengan yang di lakukan organisasi naposo. Mungkin anda bertanya – tanya mengapa remaja dan naposo  dibentuk apabila kegiatan – kegiatan nya tidak jauh berbeda, saya pun sampai sekarang berpikiran seperti itu, mungkin jawaban nya adalah karena perbedaan umur diantara kedua organisasi tersebut, pasti akan sulit bagi kedua organisasi tersebut untuk saling bersatu karena perbedaan umur yang cukup jauh berbeda. Bagi setiap anggota remaja yang sudah mencapai umur 22 tahun sudah bisa bergabung menjadi anggota organisasi naposo . saya sendiri saat ini mengikuti organisasi remaja, karena umur saya belum mencapai 22 tahun. Di dalam organisasi remaja ini saya hanya sebagai anggota saja, sebagai anggota dalam organisasi remaja ini saya merasa organisasi remaja ini cukup baik, organisasi ini dapat membentuk pribadi seorang remaja untuk lebih dekat dengan Tuhan, di dalam organisasi ini juga saya mendapat banyak teman baik dan seiman. Dalam organisasi ini juga sangat peduli terhadap sesama, contohnya apabila ada keluarga anggota lain yang sakit pasti kami akan berkumpul untuk menjenguk nya. Di dalam organisasi ini kami diajarkan juga untuk saling menghargai satu sama lain. Saya merasa dengan mengikuti organisasi ini akan membuat saya bisa menjauhi hal – hal buruk atau pergaulan – pergaulan yang kurang baik di luar sana.

·         SEKOLAH MINGGU, organisasi ini beranggotakan anak – anak kecil yang berumur antara 3 – 15 tahun , organisasi ini masih dibagikan menjadi beberapa bagian berdasarkan umur. Organisasi ini hanya melakukan kegiatan beribadah setiap minggunya. Ibadah mereka dipisahkan dengan ibadah jemaat biasa (umum), dikarenakan ibadah umum menggunakan bahasa batak, sedangkan anak – anak kecil masih banyak yang belum mengerti bahasa batak. Di setiap minggunya para anak- anak ini mengikuti ibadah yang di pimpin oleh sintua, setelah selesai ibadah mereka akan mengikuti kelas yang di kelompokan berdasarkan umur mereka. Di kelas ini mereka akan mendapatkan pembelajaran tentang agama kristen dan gereja, mereka akan di ajarkan oleh para naposo yang bersedia menjad guru sekolah minggu. Bagi anak sekolah minggu yang sudah mencapai umur 16 tahun  harus mengikuti pembelajaran SIDI yang sudah saya jelaskan diatas, karena pada umur tersebut mereka sudah dianggap pantas untuk meneguhkan iman mereka sebagai orang kristen.

Sekian  penjelasan saya tentang organisasi gereja , hal – hal yang saya jelaskan diatas adalah berdasarkan pengetahuan saya saja, jadi apabila hal yang saya jelaskan diatas ada yang salah atau merugikan pihak –pihak tertentu saya mohon maaf, karena saya tidak bermaksud demikian.

KESIMPULAN
Dari pembahasan yang telah disampaikan, maka dapat disumpulkan bahwa organisasi  HKBP memiliki pengertian sekelompok orang (2 atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi HKBP juga sangat berhubungan dengan manajemen dan tata kerja karena organisasi HKBP secara keseluruhan atau sebagai suatu keselurahan memerlukan manajemen untuk mengatur sistem tatakerja. Organisasi HKBP memiliki ciri-ciri, unsur-unsur serta teori tersendiri yang menghasilkan macam-macam organisasi. Dengan berbagai tipe serta struktur yang bermacam-macam juga.

SARAN
Untuk dapat lebih mengatahui tentang struktur organisasi gereja HKBP kita harus memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan sikap peduli serta menghargai terhadap agama dan suku orang lain, dengan kira mengerti struktur organisasi gereja HKBP kita dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang organisasi yang sangat luas, karena kita sebagai manusia sangat membutuhkan organisasi untuk kepentingan berbagai macam hal, karena kita sebagai manusia tidak dapat hidup sendiri di dunia ini,kita akan selalu membutuhkan manusia lain untuk melangsungkan kehiduapan. Oleh sebab itu kita harus mengerti cara berorganisasi yang baik dan benar agar tidak menimbulkan hal yang tidak di ingin kan pada saat kita ber organisasi


1 komentar to "(REVISI) Macam Bentuk Organisasi Pada Organisasi HKBP"

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok. Jurusan Sistem Informasi. Kelas 4KA17. NPM : 11111814

Total Tayangan Halaman

Web hosting for webmasters